Sugesti

Sugesti adalah mempengaruhi seseorang atas suatu pandangan, pemahaman, sikap, dsb ketika yang menerima sugesti dalam keadaan tidak berpikir rasional karena diberi sugesti oleh orang yang dikagumi, dihormati, berwibawa, karismatik, pemuka agama, penguasa, golongan mayoritas, dan lain sebagainya.

Contoh kasus dari pemberitaan di media massa dan online:

SEMARANG, JUMAT — Dosen Psikologi Universitas Diponegoro, Hastaning Sakti berpendapat, masyarakat sekarang ini tersugesti dengan keajaiban Ponari (10), bocah asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang dianggap dukun cilik karena mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

“Sugesti ini antara lain disebabkan karena masyarakat kini dihinggapi rasa kurang percaya pada hal-hal yang bersifat medis, karena perawatan medis biasanya membutuhkan proses yang panjang hingga seorang pasien bisa sembuh,” katanya, di Semarang, Jumat.

Selain memerlukan proses pengobatan yang lama, menurut dia, hasil yang didapat melalui pengobatan medis biasanya baru tampak sedikit demi sedikit. “Masyarakat sekarang lebih suka hal yang instan. Jadi tidak mau terlalu repot menunggu proses yang lama,” katanya.

Menurut dia, budaya instan yang sekarang ini menghinggapi masyarakat mengakibatkan mereka lebih suka menempuh cara yang lebih mudah, termasuk untuk mendapatkan kesembuhan.

Ia menilai, faktor inilah yang membuat masyarakat lebih memilih untuk datang kepada bocah yang baru duduk di kelas tiga SD itu dibandingkan ke dokter.Menurut dia, faktor lain yang berpengaruh pada hebohnya dukun cilik Ponari ini adalah pengaruh krisis ekonomi yang berkepanjangan yang berdampak buruk pada masyarakat.Kebanyakan masyarakat tidak memiliki uang untuk berobat, sedangkan pengobatan di rumah sakit maupun puskesmas sekarang ini menghabiskan banyak biaya.

Melalui Ponari, dengan membayar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 saja, mereka bisa mengharapkan kesembuhan pada penyakit mereka melalui kekuatan batu yang dimiliki bocah itu. Akibat memiliki sepotong batu yang dipercayai mampu menyembuhkan aneka macam penyakit, rumah Ponari terus didatangi masyarakat yang hingga Rabu (11/2) diperkirakan berjumlah sekitar 15.000 orang.

“Menurut saya, yang terpenting adalah semua penyakit maupun kesembuhan kita kembalikan kepada Tuhan. Kita memang harus berikhtiar, boleh saja kepada Ponari, asal jangan memiliki kepercayaan yang berlebihan,” tambahnya.

Source :  http://nasional.kompas.com/read/2009/02/13/21475252/keajaiban.dukun.cilik.ponari.karena.sugesti

Analisis saya mengenai contoh kasus diatas dengan Sugesti:

Kasus dukun cilik ponari merupakan contoh kasus yang tepat untuk menggambarkan sugesti karena orang orang yang berobat kesana berpandangan bahwa batu yang dimiliki ponari dapat menyembuhkan penyakit yang mereka derita, sedangkan pada kenyataannya itu hanya batu biasa dan sugesti oranglah yang menyebarkan berita / kabar bahwa batu yang dimiliki ponari tersebut dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Mereka seakan mengagungkan ponari sebagai penolong mereka dan bersugesti bahwa hanya ponari satu satunya yang bisa mengobati mereka.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Komunikasi Interpersonal, Semester 3 and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: