Soal Diskusi Online Class Komunikasi Interpersonal

Topik Diskusi: Materi Kuliah Minggu Ke 5 ( Pertemuan 9 dan 10) Dengan Pembahasan Mengenai Faktor Pembentuk Komunikasi Interpersonal

Soal Diskusi

Persahabatan adalah perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih intensitas sosial, dimana memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antarpribadi. Istilah “persahabatan” menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetian satu sama lain, selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang saling memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih dari pada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka. Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekedar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama. Hubungan persahabatan dalam komunikasi antar pribadi juga terbentuk oleh faktor-faktor pembentuk komunikasi interpersonal.

  • Jelaskan keterkaitan antara hubungan persahabatan dengan faktor pembentuk komunikasi interpersonal?
  • Menurut anda, Apakah teori-teori pengembangan hubungan yang sesuai dengan konteks hubungan persahabatan dalam komunikasi antar pribadi?

Berikan contoh kasus yang aktual melalui pemberitaan dalam media massa ataupun online  sehingga terlihat jelas konteks hubungan persahabatan dalam komunikasi antar pribadinya!

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Komunikasi Interpersonal, Semester 3 and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: