Psikologi Komunikator

PSIKOLOGI KOMUNIKATOR

Aristoteles menulis:

“Persuasi tercapai karena karakteristik personal pembicara, yang ketika ia menyampaikan pembicaraannya kita menganggapnya dapat dipercaya. Kita lebih penuh dan lebih cepat percaya pada orang-orang baik daripada orang lain; ini berlaku umumnya pada masalah apa saja dan secara mutlak berlaku ketika tidak mungkin ada kepastian dan pendapat terbagi. Tidak benar, anggapan sementara penulis retorika bahwa kebaikan personal yang iungkapkan pembicara tidak berpengaruh apa-apa pada kekuatan persuasinya; sebaliknya, karakternya hampir bisa disebut sebagai alat persuasi yang paling efektif yang dimilikinya.”

Syarat komunikator yang baik

Aristoteles menyebut karakter komunikator sebagai ethos.

Ethos komunikator terdiri dari:

  1. Good will (maksud yang baik)
  2. Good sense (pikiran yang baik)
  3. Good moral character (karakter yang baik)

Ethos ditujukan untuk proses komunikasi persuasi, di mana efek dari komunikasi itu adalah untuk mengubah perilaku. Namun, komunikasi yang bersifat informatif pun mengharapkan adanya penambahan pengetahuan dan pemahaman dari komunikannya. Seorang komunikator yang memiliki ethos akan menghasilkan komunikasi yang efektif, yaitu komunikasi yang dapat mencapai goal-nya (tujuannya).

Hovland dan Weiss menyebut ethos sebagai credibility, yang terdiri dari 2 unsur, yaitu:

  1. expertise (keahlian)
  2. trustworthiness (dapat dipercaya)
  • Bila media massa ingin menampilkan kolom atau narasumber dalam suatu acara talkshow politik, tentu mereka memilih pakar politik.

Ada unsur lain dalam persyaratan menjadi komunikator yang lain, yaitu acceptability. Di sini masalahnya adalah penerimaan komunikan terhadap komunikator tidak melulu masalah keahlian, tetapi juga menyangkut karakter komunikator yang jujur, tulus, tidak kontroversial, baik dalam bersikap maupun dalam mengemukakan pernyataan-pernyataannya.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Psikologi Komunikasi, Semester 3 and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: