Praktik Komunikasi

PRAKTIK KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG BERETIKA
Dalam bagian ini kita akan mendiskusikan lima orientasi dan perilaku yang direkomendasikan yang berasal dari orientasi yang menolong anda mengembangkan etika antarbudaya anda.
1.      Komunikasi Menghasilkan Respon
Pesan-pesan yang anda kirimkan dapat menghasilkan respons yang disengaja dan tidak disengaja. Ketika anda berkomunikasi dalam ruang lingkup budaya anda sendiri, kadang-kadang sulit untuk memprediksi respons yang tidak diinginkan yang mungkin anda hasilkan. Dalam lingkungan antarbudaya, di mana perbedaan budaya merupakan suatu faktor, sulit bagi anda untuk menilai dan memprediksi tipe respons yang mungkin dihasilkan dari pesan anda.

2.      Menghargai Orang Lain
Tidak ada orang yang suka disepelekan. Setiap dan masing masing orang membutuhkan penghargaan, martabat, dan merasa dihargai. Walaupun anda tidak memiliki tanggung jawab etis untuk menghormati seseorang, selama interaksi anda
harus menunjukkan rasa hormat atas martabat dan perasaan terhadap semua orang.

3.      Mencari Persamaan Antara Masyarakat Dan Budaya
Tidak peduli banyaknya perbedaan yang ada, karena ada banyak persamaan juga. Penting untuk mencoba mencari persamaan antar budaya yang beraga. Menghilangkan perbedaan yang ada akan menyatakan persamaan.

4.      Menghargai Perbedaan Budaya
Meskipun kita baru saja membahas kebutuhan anda untung mencari persamaan diantara masyarakat dan budaya, dianjurkan juga untuk tidak menghiraukan perbedaan budaya. Singkatnya, kami menganjurkan anda untuk menghargai dan bertoleransi terhadap perbedaan budaya.

5.      Menerima Tanggung Jawab dari Perilaku Anda
Komunikasi menghasilkan respond dan bahwa pilihan anda terhadap perilaku komunikasi dapat menghasilkan respon yang diinginkan dan tidak diinginkan dari orang lain. Semua kepuasan atas tindakan dan bahkan kegagalan anda mempengaruhi diri anda sendiri maupun orang lain.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Komunikasi Antar Budaya, Semester 3 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: