Penggunaan Kekuasaan Dalam Mempengaruhi Orang Lain

Berikut ini disampaikan berbagai hasil penelitian tentang penggunaan kekuasaan dalam mempengaruhi orang lain:

  1. Komunikate akan lebih baik diyakinkan untuk melakukan perilaku yang tidak disukai dengan dijanjikan ganjaran daripada diancam dengan hukuman. Ancaman yang kuat bahkan dapat menimbulkan efek bumerang—alih-alih tunduk malah melawan (Heilman dan Garner, 1975).
  2. Efektivitas ancaman dapat ditingkatkan bila komunikator memberikan alternatif perilaku ketundukan, sehingga komunikate masih dapt melakukan pilihan walaupun terbatas (Heilman dan Garner, 1975).
  3. Kekuasaan informasional sering kali digunakan bila komunikator memandang prestasi komunikate yang kurang baik disebabkan oleh kurangnya motivasi (Kipnis, 1974).
  4. Bila atasan melihat bahwa prestasi jelek bawahannya disebabkan kekuarang kemampuannya, ia akan menggunakan kekuasaan keahlian (Kipnis, 1974).
  5. Kekuasaan koersif umumnya digunakan bila pemimpin (komunikator) menganggap komunikate tidak melakukan anjuran dengan baik karena ia bersikap negatif atau mempunyai kecenerungan melawan pemimpin (Goodstadt dan Hjelle, 1973).
  6. Kekuasaan koersif juga sering digunakan oleh komunikator yang kurang percaya pada diri sendiri, yang merasa tidak berdaya (Goodstadt dan Hjelle, 1973), atau oleh orang-orang yang merasa tertekan, tertindas, dan teraniaya (Raven, 1974).

Tetapi, apapun jenis kekuasaan yang dipergunakan, ketundukan adalah pengaruh yang paling lemah dibandingkan dengan identifikasi dan internalisasi. Dengan begitu, kekuasaan sepatutnya digunakan setelah kredibilitas dan atraksi komunikator. Lagipula, komunikasi mungkin masih belum efektif, bila komunikator tidak memperhatikan pesan yang disampaikannya.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Psikologi Komunikasi, Semester 3 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: