Manajemen Issue Vs Manajemen Krisis

Perlu diketahui bahwa  manajemen isu dan manajemen krisis adalah dua hal berbeda tetapi saling berhubungan. Manajemen isu dilakukan sebagai antisipasi sebelum terjadinya krisis dan tetap harus dilakukan ketika krisis sedang berlangsung.

 

Berdasarkan pernyataan Gaunt & Ollenburger (1995) dan Regester & Larkin (2008), dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen isu, organisasi dituntut lebih proaktif untuk mengidentifikasi isu. Hasil identifikasi ini menjadi dasar untuk:

  1. Menentukan strategi untuk merespons isu sebelum isu berkembang menjadi krisis yang mempunyai dampak besar bagi organisasi. Merespons isu ini termasuk merespons kritikan-kririkan dari pihak-pihak diluar organisasi. Tymson, dkk (2004:390) menyebut: “The best way to manage crisis is to understand and manage issues”
  2. Mencari peluang untuk reposisi organisasi dan produk. Artinya, organisasi mencari isu-isu apa yang dapat menjadi peluang pasar meningkatkan penjualan dan reputasi.

Sementara itu, pada manajemen krisis, organisasi cenderung bersikap reaktif terhadap isu setelah isu tersebut berkembang menjadi perhatian publik dan mempengaruhi aktivitas organisasi. Manajemen krisis biasanya merupakan reaksi atas munculnya kemarahan publik. Pada manajemen krisis, aktivitas Public Relations cenderung sebagai “tim pemadam kebakaran”

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Public Relation Issue & Crisis Management, Semester 4 and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: