Komunikasi Organisasi

KOMUNIKASI ORGANISASI

Posisi komunikasi organisasi dapat kita telusuri melalui pemahaman mengenai definisi organisasi dan komunikasi organisasi, yaitu membahas pendekatan organisasi dan menyimak peran komunikasi dalam masing-masing pendekatan tersebut. Kemudian, membahas berbagai jenis komunikasi atau jaringan komunikasi dan arus komunikasi.

 

Definisi Organisasi

  • Organisasi adalah sebuah kelompok individu yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan tertentu. Jumlah individu sangat beragam antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain.
  • Ada yang beranggotakan tiga atau empat, bekerja dengan kontak yang sangat dekat. Sementara itu, ada organisasi yang memiliki seribu karyawan tersebar di seluruh dunia.
  • Tingkat struktur juga sangat beragam dari satu organisasi ke organisasi lainnya. Dalam struktur yang sangat ketat, peran dan posisi setiap orang berada dalam hierarki yang didefinisikan dengan jelas.
  • Di dalam organisasi dengan struktur yang lebih longgar, peran bisa bergantian, dan status hierarki bisa juga kurang jelas dan relatif kurang penting.

 

Definisi Komunikasi Organisasi

  • Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi.
  • Bila organisasi semakin besar dan kompleks maka akan mengakibatkan semakin kompleks pula proses komunikasinya.
  • Organisasi kecil, yang anggotanya hanya tiga orang, proses komunikasi yang berlangsung relatif sederhana. Tetapi organisasi yang anggotanya seribu orang menjadikan komunikasi sangat kompleks.
  • Komunikasi organisasi dapat bersifat formal dan informal.
  • Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi pada kepentingan organisasi.
  • Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. misalnya,: Memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Psikologi Komunikasi, Semester 3 and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: