Klasifikasi Pesan Non-Verbal

Proxemics (kedekatan)
Dengan proxemics ini kita membangun jarak antara kita dan lawan komunikasi kita. Makin dekat jaraknya, makin menunjukkan keakraban. Makin jauh, makin formal suasana komunikasinya.
Kinesics (kinesik)
Istilah ini digunakan untuk menunjukkan gerak-gerik atau sikap tubuh (gestures), gerak tubuh (body movement), ekspresi wajah, dan kontak mata.

Chronemics (kronemik)
Istilah ini berkaitan dengan waktu. Ada yang memandang waktu itu berjalan linear atau mengikuti garis lurus yang bergerak dari titik awal menuju titik akhir. Ada juga yang memandang waktu itu siklikal, artinya, berputar untuk kembali pada titik awal.

Paralanguage (parabahasa)
Istilah ini menunjuk pada unsur-unsur nonverbal suara dalam percakapan verbal. Parabahasa ini meliputi karakter vocal, seperti bicara yang disertai senyum atau sedu sedan. Sifat vocal, seperti keras-pelan atau tinggi-rendah. Segregasi vocal seperti mengucapkan “emmmmhhh….”

Kebisuan
Kebisuan bisa mengomunikasikan persetujuan, apatis, terpesona, bingung, termenung, tidak setuju, malu, menyesal, sedih, dan tertekan.

Haptics
Istilah ini berkaitan dengan penggunaan sentuhan dalam berkomunikasi. Sentuhan tangan di pundak atau elusan tangan pada lawan komunikasi menampaikan pesan tertentu pada lawan komunikasi. Seorang ibu misalnya, mengusap-usap kepala anaknya saat member nasihat pada anaknya.

Pesan artifaktual
Diungkapkan melalui penampilan tubuh, pakaian, dan kosmetik. Walaupun bentuk tubuh relatif menetap, orang sering berperilaku dalam hubungan dengan orang lain sesuai dengan persepsinya tentang tubuhnya (body image). Erat kaitannya dengan tubuh ialah upaya kita membentuk citra tubuh dengan pakaian, dan kosmetik.

Olfactics
Istilah ini berkaitan dengan penggunaan indera penciuman dalam berkomunikasi nonverbal.

Oculesics
Istilah ini menunjukkan pada pesan yang disampaikan melalui mata. Mata yang membelalak atau melotot menyatakan sesuatu pada lawan bicara. Orang bisa menunjukkan kekaguman atau marah dengan membelalakkan matanya.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Psikologi Komunikasi, Semester 3 and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: