Klasifikasi Kelompok

KLASIFIKASI KELOMPOK
1. Kelompok Primer dan Kelompok Sekunder
Walaupun kita menjadi anggota banyak kelompok, kita terikat secara emosional pada beberapa kelompok saja. Misalnya, hubungan kita dengan keluarga kita, kawan-kawan sepermainan, dan tetangga-tetangga dekat, terasa lebih akrab, lebih personal, lebil menyentuh hati kita. Kelompok seperti ini disebut oleh Charles Horton Cooley (1909) sebagai kelompok primer.
Sementara kelompok sekunder adalah lawan kelompok primer. Hubungan kita dengannya tidak akrab, tidak personal, dan tidak menyentuh hati kita. Termasuk ke dalam kelompok sekunder ialah organisasi massa, fakultas, serikat buruh, dan sebagainya.
 
 Perbedaan utama dari kelompok primer dan kelompok sekunder jika dilihat dari karakteristik komunikasinya adalah:
a.      Kualitas komunikasi pada kelompok primer bersifat dalam dan meluas.
Dalam, artinya menembus kepribadian kita yang paling tersembunyi, menyingkapkan unsur-unsur backstage (perilaku yang hanya kita tampakkan dalam suasana privat saja). Meluas, artinya sedikit sekali kendala yang menentukan rentangan dan cara berkomunikasi. Lambang komunikasi yang digunakan adalah verbal dan nonverbal.
Pada kelompok sekunder, komunikasi bersifat dangkal (hanya menembus bagian luar dari kepribadian kita) dan terbatas (hanya berkenaan dengan hal-hal tertentu saja). Lambang komunikasi yang digunakan umumnya verbal dan sedikit sekali nonverbal.
b.      Komunikasi pada kelompok primer bersifat personal.
Dalam kelompok primer, yang penting buat kita ialah siapa dia, bukan apakah dia. Kita mengkomunikasikan seluruh pribadi kita. Hubungan kita dengan anggota kelompok primer bersifat unik dan tidak dapat dipindahkan (nonstransferable). Sedangkan dalam kelompok sekunder, bersifat impersonal.

c.       Pada kelompok primer, komunikasi lebih menekankan aspek hubungan daripada aspek isi.
Komunikasi dilakukan untuk memelihara hubungan baik, dan isi komunikasi bukan merupakan hal yang sangat penting.
 
d.      Ekspresif
Dalam kelompok primer, pesan yang disampaikan lebih ekspresif. Misalnya, seorang suami yang berkirim surat kepada istrinya, tentu ungkapan-ungkapan kata-katanya ekspresif.
 
e.       Informal
Dalam kelompok primer, pesan yang disampaikan cenderung informal. Tidak menggunakan ragam bahasa yang formal, dengan klise pembukaan dan penutup surat, atau sistematika yang baik. Ia menulis apa yang terlintas di pikirannya.
 
2. Ingroup dan Outgroup
 Ingroup adalah kelompok-kita. Outgroup adalah kelompok-mereka. Ingroup dapat berupa kelompok primer ataupun sekunder. Keluarga kita adalah ingroup yang kelompok primer. Fakultas kita adalah ingroup yang kelompok sekunder. Perasaan ingroup diungkapkan dengan kesetiaan, solidaritas, kesenangan, dan kerja sama.
 
3. Kelompok Deskriptif dan Kelompok Preskriptif
Kategori deskriptif menunjukkan klasifikasi kelompok dengan melihat proses pembentukannya secara alamiah. Di antaranya adalah:

  • Kelompok sepintas. Kelompok sepintas dibentuk hanya semata-mata untuk membina hubungan manusiawi yang hangat. Tujuannya adalah untuk bermain.
  • Kelompok katarsis, dimaksudkan untuk melepaskan tekanan batin atau frustasi anggota-anggotanya. Tujuannya adalah melepaskan perasaan.
  • Kelompok belajar, tentu dibentuk untuk menambah informasi. Tujuannya adalah pencerahan intelektual.

Kategori preskriptif mengklasifikasikan kelompok menurut langkah-langkah rasional yang harus dilewati oleh anggota kelompok untuk mencapai tujuannya. Terdapat enam format kelompok preskriptif, yaitu diskusi meja bundar, symposium, diskusi panel, forum, kolokuium, dan prosedur parlementer.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Psikologi Komunikasi, Semester 3 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: