Isu

MANAJEMEN ISU DAN KRISIS

“an issue ignored is a crisis ensured” (Regester & Larkin, 2008:95)

Mengenal Isu

Isu dan krisis berbeda. Harrison (2008:550) memberikan definisi bahwa isu adalah “berbagai perkembangan, biasanya di dalam arena publik, yang jika berlanjut, dapat segera signifikan mempengaruhi operasional atau kepentingan jangka panjang dari organisasi” Dapat disebut bahwa isu adalah titik awal munculnya konflik jika tidak dikelola dengan baik. Menurut The Issue Management Council, jika terjadi gap atau perbedaan antara harapan public dengan kebijakan, operasional, produk atau komitmen organisasi terhadap publiknya, maka disitulah muncul isu (Galloway & Kwansah – Aidoo, 2005; Regester & Larkin, 2008). Jika gap antara harapan dan kenyataan ini semakin besar maka mendorong munculnya isu isu yang memberikan tekanan tekanan terhadap operasional organisasi, kemudian jika isu tersebut berlanjut, isu itu akan mempengaruhi operasional organisasi di masa depan. Manajemen isu bertujuan untuk mengurangi atau mendekatkan gap tersebut. Jika tidak, isu tersebut akan memicu konflik antara organisasi dan publiknya.

Walau isu dapat berkembang secara tidak terduga dan bisa menghasilkan hasil yang tidak diharapkan, isu dapat diantisipasi (Smudde, 2011). Pada dasarnya, organisasi mempunyai kesadaran yang tinggi tentang peristiwa peristiwa yang berpotensi mempengaruhi aktivitasnya. Itu semua tergantung pada kemampuan Public Relations untuk memonitor lingkungannya (Gallowa & Kwansah Aidoo,2005; Grunig, 1979; Lattimore, Baskin, Heiman, & Toth,2007; Kate Miller,1999). Dengan mengetahui isu-isu potensial, organisasi dapat menyiapkan strategi yang tepat dengan menggunakan isu tersebut untuk meningkatkan reputasinya. Public Relations dapat mengenal dan memahami isu-isu apa saja yang dipersepsi sebagai isu yang penting oleh publik. Selanjutnya, Public Relation dapat menciptakan sebuah program yang berkaitan dengan isu-isu potensial tersebut. Sebaliknya, isu yang tidak dimanajemen dengan baik berpotensi menjadi penyebab krisis. Dengan kata lain, tugas utama Public Relations adalah membantu manajemen untuk memanajemen isu sehingga dapat mencegah terjadinya krisis.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Public Relation Issue & Crisis Management, Semester 4 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: