Era Teori Kebudayaan

Era Teori Kebudayaan

Pesan dan efek dalam komunikasi massa merupakan proses interaksi dan hasil negosiasi antara media dan audien.

Teori 2 komunikasi yang menggambarkan pesan dan efek sebagai hasil interaksi atau negosiasi ini disebut denga teori kebudayaan atau teori kultural.

Era yang dikemukakan oleh Baran dan Davis (2000) adalah era kritisme kultural (cultural criticism). Meski efek terbatas populer di Amerika namun para peneliti Eropa skeptis terhadap metode penelitian Amerika. Era ini menghasilkan sedikitnya dua perspektif komunikasi massa yakni neomarxisme dan studi kultural Inggris (british cultural studies).

Neomarxisme menganggap bahwa media membuat para elit dominan untuk mengembangkan kekuatan mereka. Hall dalam Baran dan Davis (2000) kemudian menjelaskan bahwa media menyebarluaskan cara pandang yang sesuai dengan para elit dominan. Dengan kata lain media massa dianggap sebagai area publik dimana sebuah pertempuran budaya terjadi dan budaya hegemoni ditempa habis-habisan untuk menyiarkan pandangan bahwa status quo merupakan satu-satunya hal yang logis dan rasional dalam struktur masyarakat.

British cultural studies memfokuskan penelitiannya pada media massa dan peranannya dalam mempromosikan pandangan dunia yang terhegomoni dan budaya dominan diantara beragam subgrup di masyarakat.

Dalam penelitiannya Mosco dan Herman (dalam Baran dan Davis, 2000) kemudian menemukan bahwa orang-orang kerapkali menolak terhadap ide hegemoni dan menyebarkan interpretasi alternartif dari kehidupan sosial. Meskipun British cultural studies bermula dari asumsi-asumsi determinis tentang pengaruh media massa namun penelitian mereka kemudian lebih berfokus terhadap studi resepsi khalayak yang membangkitkan kembali pertanyaan penting tentang kekuatan potensial yang dimiliki media dalam situasi tertentu dan kemampuan khalayak aktif untuk menahan pengaruh media.

Pemikiran kultural atau tradisi sosiokultural  (kultural aja) memiliki asumsi bahwa pengalaman terhadap kenyataan merupakan suatu konstruksi sosial berlangsung terus-menerus, jadi bukan sesuatu yang hanya dikirimkan begitu saja ke publik. Teori2 komunikasi yang menggambarkan pesan dan efek sebagai hasil interaksi atau negosiasi ini disebut dengan teori kebudayaan (cultural theories).

Pendekatan kultural atau sosikultural dalam teori komunikasi massa membahas bagaimana berbagai pengertian, makna, norma, peran dan aturan yang ada bekerja dan saling berinteraksi dalam proses komunikasi

Pendekatan kultural lebih fokus pada pola-pola interaksi antarmanusia daripada hal-hal yang terkait dengan sifat atau jiwa yang dimiliki seorang individu. Interaksi adalah proses dan tempat dimana berbagai makna, peran, aturan dan nilai budaya saling bekerja.

Teori-teori yang berada dalam tradisi sosikultural sangat dipengaruhi oleh dua teori penting dalam ilmu komunikasi, yaitu teori interaksi simbolik dan teori konstruksi sosial.

Teori interaksi simbolik berangkat dari ide bahwa struktur dan makna diciptaka dan dipelihara dalam interaksi sosial.

Teori kontruksi sosial (sosial constructionism)atau konstruksi sosial mengenai realitas (social construction of reality berasal dari penelitian Peter Berger dan Thomas Luckmann yang mencoba menyelidiki bagaimana pengetahuan manusia dibangun melalui interaksi sosial.

Menurut teori ini, identitas suatu objek merupakan hasil dari bagaimana kita membicarakan objek bersangkutan, bahasa yang digunakan untuk menuangkan konsep kita, dan cara bagaimana kelompok sosial memberikan perhatianya kepada  pengalaman bersama.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Semester 3, Sosiologi Komunikasi Massa and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: