Diskusi Online Class Komunikasi Interpersonal (1)

Jelaskan keterkaitan antara hubungan persahabatan dengan faktor pembentuk komunikasi interpersonal?

Faktor pembentuk komunikasi interpersonal :

  1. Sensasi berasal dari kata “sense” artinya penginderaan yang menghubungkan organisme dengan lingkungan

Sensasi adalah pengalaman elementer yang segera yang tidak memerlukan penguraian verbal, simbolis, atau konseptual dan terutama sekali berhubungan dengan kegiatan alat indera. (benyamin b. Wolman dalam rahmat (2006, 49)

  1. Persepsi adalah proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita, dan proses tersebut mempengaruhi perilaku kita
  2. Perhatian adalah proses mental ketika stimuli atau rangkaian stimuli menjadi menonjol dalam kesadaran pada saat stimuli lainnya melemah (Kenneth E. Andersen)

Mengenai hubungan faktor diatas dengan persahabatan, tentunya hubungan persahabatan tidak muncul begitu saja. Sensasi awal yang kita dapatkan dari individu tersebut menarik keinginan kita untuk menjalin hubungan dengan individu tersebut dimulai dengan pertemanan. Kemudia setelah terjalin hubungan pertemanan kita memiliki persepsi tentang individu tersebut bahwa dia dapat menjadi sahabat yang baik bagi kita dan setelah itu kita akan lebih perhatian dengan hubungan tersebut karena ada rasa nyaman diantaranya serta ada rasa  keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif, dan kesamaan.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Komunikasi Interpersonal, Semester 3 and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: