Birokrasi Rasional

Birokrasi Rasional

  • Bagi Weber, istilah “birokrasi” tidak dapat dipisahkan dengan istilah “rasionalitas” karena menggunakan pemikiran rasional dalam mengembangkan organisasi. Sehingga, gagasan Weber ini sering kali disebut dengan istilah “birokrasi rasional”.
  • Namun, faktor apa yang harus dimiliki untuk mewujudkan birokrasi rasional? Sebagaimana diungkapkan Weber, organisasi merupakan birokrasi, dan birokrasi tidak akan terwujud tanpa adanya tiga hal yang merupakan karakteristik birokrasi.

 

Tiga faktor atau karakteristik yang harus dimiliki organisasi untuk mewujudkan birokrasi rasional, yaitu:

  1. Otoritas atau kewenangan (authority);

Otoritas atau kewenangan biasanya muncul bersama-sama dengan kekuasaan, tetapi pada organisasi, otoritas haruslah sah atau legitimate, yang berarti pemegang otoritas telah diberikan izin secara formal (authorized formally) oleh organisasi.

Efektivitas organisasi bergantung pada seberapa besar manajemen menerima “kekuasaan sah” (legitimate power) dari organisasi.

Jika Anda adalah seorang karyawan, maka Anda akan mengikuti apa yang diperintahkan atasan Anda karena organisasi (perusahaan di mana Anda bekerja) memberikan kewenangan yang sah kepada atasan untuk memberikan perintah.

Menurut Weber, cara terbaik untuk mengelola kewenangan legal rasional adalah melalui hierarki (hierarchy), dengan kata lain atasan memiliki atasan lagi. Dan atasan dengan kedudukan lebih tinggi memiliki atasan yang lebih tinggi lagi kedudukannya, begitu seterusnya.

Hierarki ini secara hati-hati dan cermat diatur melalui aturan-aturan dalam organisasi. Setiap lapisan manajemen memiliki kewenangan sah mereka masing-masing, dan hanya pimpinan tertinggi organisasi yang memiliki kewenangan puncak dan menyeluruh.

 

  1. Spesialisasi (spesialization);

Prinsip organisasi kedua adalah spesialisasi, yang berarti sejumlah individu dibagi menurut pembagian pekerjaan, dan mereka mengetahui pekerjaan mereka masing-masing dalam organisasi.

Peningkatan atau perluasan posisi atau jabatan dan uraian pekerjaan (job description) seorang karyawan adalah contoh bagus dari spesialisasi.

Pada organisasi yang sangat besar, pembagian pekerjaan sering kali bersifat sangat luas, terdapat puluhan atau ratusan macam pekerjaan, sehingga karyawan sering kali hanya sedikit tahu atau bahkan ada juga yang tidak tahu apa kontribusi pekerjaan yang dilakukannya terhadap tujuan organisasi atau perusahaan.

Weber menyatakan bahwa spesialisasi adalah hal penting bagi birokrasi yang rasional dan garis batas yang jelas dan tegas yang memisahkan satu fungsi bagian dengan bagian lainnya dalam organisasi harus dinyatakan dengan aturan dan prosedur yang jelas.

 

  1. Peraturan (regulasi).

Aspek ketiga dari birokrasi adalah kebutuhan terhadap peraturan. Apa yang membuat koordinasi organisasi dimungkinkan adalah karena adanya pelaksanaan dari seperangkat aturan bersama yang mengatur perilaku setiap orang.

Menurut Weber, aturan organisasi haruslah rasional yang berarti bahwa aturan dirancang untuk mencapai tujuan organisasi, dan supaya organisasi dapat mengikuti segala hal yang terjadi maka setiap kegiatan operasional organisasi perlu dicatat, dan catatan perlu dipelihara secara hati-hati dan cermat agar aturan dapat dievaluasi.

Hanya melalui berbagai aturan maka berbagai kegiatan para manajer dan bawahannya yang berjumlah puluhan, ratusan atau bahkan ribuan orang yang berada pada berbagai tingkatan dalam organisasi dapat diperkirakan dan dikoordinasikan. Jika kita tidak dapat memperkirakan apa yang akan dilakukan orang lain maka kita tidak akan dapat mengandalkan mereka.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Psikologi Komunikasi, Semester 3 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: