Anatomi Krisis

Krisis adalah salah satu berkah dalam Public Relations karena saat itu organisasi berada di tengah pusaran pencitraan, di mana semua media massa datang memberikan liputan, publik memperbincangkannya setiap saat. Selaku Public Relations, kita pun tinggal membuat kendali pencitraan. Dengan sedikit energi berlebih memang, tapi mari kita lihat bahwa krisis akan mendatangkan berkah pencitraan. Salah satu dasar yang perlu dipahami dalam mengatasi krisis adalah:

(1)   Memahami potensi krisis itu sendiri;

(2)   Memahami proses terjadinya krisis mulai dari adanya isu.

Anatomi Krisis

Steven Fink membagi tahapan yang dilalui suatu krisis

(1)   Tahap Prodromal

Krisis pada tahap ini sering dilupakan orang karena perusahaan masih bisa bergerak dengan lincah. Padahal, pada tahap ini krisis sudah mulai muncul. Tahap prodromal sering disebut pula warning stage karena ia sudah member sirene tanda bahaya mengenai simtom-simtom yang harus segera diatasi.

(2)   Tahap Akut

Inilah tahap ketika orang mengatakan: “telah terjadi krisis”. Meski bukan disini awal mulanya krisis, orang menganggap suatu krisis dimulai dari sini karena gejala yang samar-samar atau sama sekali tidak jelas itu mulai kelihatan jelas. Tahap akut adalah tahap antara, yang paling pendek waktunya bila dibandingkan dengan tahap-tahap lainnya. Bila ia lewat, maka umumnya akan segera memasuki tahap kronis.

(3)   Tahap Kronis

Tahap ini sering juga disebut sebagai the clean up phase atau the post morte. Tahap kronis adalah tahap yang terenyuh. Kadang-kadang dengan bantuan crisis manager yang handal, perusahaan akan memasuki keadaan yang lebih baik.

(4)   Tahap Resolusi (Penyembuhan)

Tahap ini adalah tahap penyembuhan (pulih kembali) dan tahap terakhir dari 4 tahap krisis. Krisis umumnya berbentuk siklus yang akan membawa kembali keadaan semula (prodromal stage).

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Public Relation Issue & Crisis Management, Semester 4 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: