Analsis Kenaikan UMR

Selanjutnya saya akan membahas mengenai kenaikan upah minimum regional diberbagai kota. Pada Penetapan Upah Minimum Propinsi tahun 2013 terjadi demontrasi buruh besar besaran diseluruh Indonesia pada akhir tahun 2012. Para buruh menuntut perbaikan upah dan kondisi kerja. Kemudian disepakati upah buruh naik cukup tinggi diberbagai tempat diindonesia, termasuk di Jakarta dimana Gubernur DKI saat itu Joko Widodo menyetujui upah buruh naik 43%.  Tetapi hal ini memicu protes dari kalangan pengusaha dan mereka mengancam untuk memindahkan bisnisnya keluar dari Indonesia atau menutup usahanya. Urusan upah yang berkepanjangan ini sampai memaksa Presiden RI ikut menengahi. Akhirnya disepakati bahwa upah buruh tetap naik, tetapi bagi pengusaha yang keberatan akan diberi tenggang waktu 6 bulan untuk mematuhi Upah Minimum tahun 2013.

Disatu sisi, kenaikan upah minimum ini berpihak pada kesejahteraan para buruh, namun di sisi lain banyak perusahaan yang merasa dirugikan dengan kenaikan upah yang cukup signifikan tersebut. Para pengusaha merasa tidak mampu memenuhi ketentuan upah pada buruh. Demo yang dilakukan para buruh menuntut kenaikan upah seakan mengabaikan kemampuan perusahaan untuk memenuhi tuntutan tersebut. Pada satu pihak, para pengusaha khususnya pengusaha UMKM merasa kenaikan UMR sebesar 70% terlalu memberatkan.

Jika saya sebagai Public Relations Officer hal pertama yang akan saya lakukan adalah dengan mengakui bahwa perusahaan tidak mampu mengikuti tuntutan kenaikan UMR tersebut. Menjelaskan dan membuka informasi kepada publik mengenai keadaan perusahaan dan juga kerugian apa saja yang akan dialami perusahaan jika harus mengikuti tuntutan kenaikan yang signifikan tersebut. Kenaikan upah tentu akan dilakukan, namun saya akan menggunakan system Key Performance Indicator dimana perusahaan akan menaikan upah bagi para pekerjanya sesuai dengan kinerja mereka.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Public Relation Issue & Crisis Management, Semester 4 and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: