Analisis Kasus Penyiaran (OLC) 2

Opera Van Java Dilaporkan ke KPI Terkait Kampanye Andre Taulany

 Acara komedi Opera Van Java (OVJ) dilaporkan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). OVJ dinilai memuat kampanye terselubung calon Wakil Walikota Tangerang Selatan, Andre Taulany. Direktur LSM Kebijakan Publik Tangerang, Ibnu Jandi, mengaku memiliki bukti rekaman episode OVJ yang dinilainya bermasalah. Di situ ditunjukan dugaan adanya kampanye terselubung oleh Andre Taulany.

“Kami telah menyerahkan satu flashdisc yang berisi rekaman penayangan OVJ ke KPI. Bahwa terekam terduga ada kampanye terselubung,” ujar Ibnu Jandi, di Tangerang, Selasa (18/01/2011). Penayangan tersebut diduga mengandung unsur-unsur muatan politik atau menurutnya, marketing politik. Hal dimaksud diduga melanggar UU No 32/2002 Pasal 2, 3, 4, dan 5. “Dugaan pelanggaran itu di antaranya Pasal 2, bahwa penyiaran diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan asas manfaat, adil dan merata, kepastian hukum, keamanan, keberagaman, kemitraan, etika, kemandirian, kebebasan, dan tanggung jawab,” katanya.

Andre sebagai artis OVJ dituding menyelipkan kampanye dalam tayangan OVJ. Padahal, Andre adalah kandidat Wakil Walikota Tangerang Selatan yang berpasangan dengan Arsid. “Artinya masih dalam suasana hari tenang dan kondisi dan situasi politik dan demokrasi di Kota Tangerang Selatan seharusnya juga dapat dipahami oleh stasiun TV manapun, termasuk TRANS 7. Sehingga azas keadilan, pemerataan-nya juga dapat terpenuhi oleh TRANS 7,” terangnya.

BERILAH ANALISA ANDA TENTANG KASUS DI ATAS. ANALISA BERSIFAT PRIBADI/PERSONAL

Menurut pendapat saya seharusnya Andre tidak main di OVJ selama menjadi kandidat dalam kampanye karena akan merugikan pihak lawannya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sebelum mencalonkan diri sebagai calon wakil wali kota tanggerang selatan, Andre adalah seorang artis dan kemunculannya di tanggerang bukanlah sebagai bagian dari  kampanye melainkan menjalankan aktivitasnya sesuai dengan kontrak yang telah dibuatnya.

Lebih jauh, Andre juga menjelaskan bahwa tim suksesnya selama ini tak pernah mengenal para pemain OVJ dan pihak televisi pun sebagai lembaga yang netral tak memiliki tendensi apa-apa dalam meliput acara tersebut.

Kapanlagi.com – Ketua Panwaslu Tangerang Selatan (Tangsel), Sarono Budiharjo, mengungkapkan bahwa pemanggilan yang ditujukan pada Calon Wakil Wali Kota Tangsel, Andre Taulani, seputar dugaan pelanggaran pemain OPERA VAN JAVA (OVJ) tersebut adalah berkenaan dengan klarifikasi soal apa yang terjadi di Pendopo Kabupaten Tangerang pada tanggal 29 Desember 2010, saat tim OVJ diundang oleh ibu-ibu PKK dalam rangka ulang tahun kabupaten Tangerang.

Dan Sarono menegaskan bahwa tak ada korelasi secara langsung keterkaitan Andre dengan kegiatan di sana.

“Kebetulan kegiatan itu dilakukan di Tangerang dan bukan wilayah di mana saudara Andre melakukan pencalonan. Kalau di wilayah lain tapi ada indikasi dimobilisasi ke arah sana, jelas itu ada suatu pelanggaran. Tapi di sini saya tidak melihat itu. Yang kedua acara tersebut dilakukan oleh ibu-ibu PKK di Kabupaten Tangerang,” jelasnya saat ditemui di Kantor Panwaslu Jl. Raya Puspitek Buaran Permai No 80, Buaran Serpong Kota Tangerang Selatan, Senin (17/1).

Sarono menambahkan bahwa apa yang dilakukan oleh mantan personil grup Stinky tersebut adalah murni profesional dan sesuai dengan kontrak kerja yang sudah disepakati.

“Saat ini belum ada keputusan apakah saudara Andre ini bersalah atau tidak, karena nanti kita rapat pleno Panwaslu untuk memutuskan bersama dari kita bertiga anggota, untuk dikonfrontir dan kita kaji bersama.”

“Tadi sudah kita tanyakan ke Andre apa itu spontanitas atau bukan. Kalau itu dibuat berdasarkan by design (disengaja) akan kita limpahkan ke KPI, karena lembaga itu yang berhak. Kalau spontanitas itu sulit untuk menyatakan sebagai sesuatu yang dirancang,” tandasnya.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Hukum dan Etika Media, Semester 4 and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: