5 Langkah Penyusunan Pesan

Alan H. Monroe membuat urutan yang disebut motivated sequence, menyarankan lima langkah dalam penyusunan pesan:

  1. Attention (perhatian)
  2. Need (kebutuhan)
  3. Satisfaction (pemuasan)
  4. Visualization (visualisasi)
  5. Action (tindakan)

Jadi, bila Anda ingin mempengaruhi orang lain, rebutlah lebih dahulu perhatiannya, selanjutnya bangkitkan kebutuhannya, berikan petunjuk bagaimana cara memuaskan kebutuhan itu, gambarkan dalam pikirannya keuntungan dan kerugian apa yang akan diperolehnya bila ia menerapkan atau tidak menerapkan gagasan Anda. Dan akhirnya, doronglah ia untuk bertindak.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Psikologi Komunikasi, Semester 3 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: