UAS Jurnalistik – Feature Intepretatif

JADI PEMBACA PIKIRAN RAKYAT-FEATURE INTEPRETATIF

PENGANTAR JURNALISTIK-BAPAK RUSTONO FARADY M.,S.Sos., M.Med.Kom.

ELIOT – 14110178 – 1PIK4

 

 

 

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

UNIVERSITAS BUNDA MULIA

JAKARTA

2012

JADI PEMBACA PIKIRAN RAKYAT

Harian Umum Pikiran Rakyat merupakan koran untuk kawasan Bandung dan sekitarnya. Tahukah anda bahwa koran yang telah hadir sejak 46 Tahun yang lalu ini, pertama kali terbit bertepatan dengan peristiwa Bandung Lautan Api ?

Foto: Harian Umum Pikiran Rakyat

Pada masa itu, Menteri penerangan menegaskan bahwa setiap surat kabar harus beraliansi dengan partai politik, sehingga terbitan pertama koran tersebut menggunakan ejaan lama Fikiran Rakjat  dan dibawahnya terdapat tulisan Angkatan Edisi Bersenjata. Pada masa awal pendiriannya yaitu pada tahun 1966, kantor Pikiran Rakyat bertempat di Jalan Asia Afrika No.77, Bandung, Jawa Barat, yang saat ini digunakan sebagai kantor management. Para perintis mengalami kesulitan dari segi modal, namun pada tahun 1980 Bank BRI memberikan bantuan dana melalui PMDN ( Penanaman Modal Dalam Negeri ) yang digunakan untuk membeli mesin pencetak. Bantuan yang diberikan itu sangatlah berpengaruh besar terhadap perkembangan koran Pikiran Rakyat karena pada tahun 80-an, koran ini sudah dapat didistribusikan keluar Bandung bahkan sampai ke Malaysia.

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat masyarakat meninggalkan gaya hidup membaca koran dan beralih ke internet. Hal ini tentu mempengaruhi menurunnya keinginan masyarakat untuk membaca koran terutama kaum muda yang lebih memilih mengakses berita dari internet. Namun Pikiran Rakyat dapat tetap mempertahankan eksistensinya. Tentu hal ini dikarenakan adanya inovasi yang diberikan Pikiran Rakyat untuk memenangkan hati masyarakat.

Menurut penuturan Bapak Dicky Harisman S.Pd selaku asisten public relation yang kami temui saat Study Escursie & Tour di kantor redaksi Pikiran Rakyat Jl. Seokarno Hatta No.147 (By Pass), Bandung , Pikiran Rakyat memiliki pembaca yang turun menurun dan juga bersifat heterogen. “Kami juga memberikan tambahan suplemen pada terbitan setiap hari senin hingga jumat kecuali pada hari sabtu karena pada hari itu kami lebih mengutamakan pemasangan iklan.”

Suplemen tambahan yang disisipkan pada terbitan Pikiran Rakyat setiap hari senin-jumat berbeda-beda. Hal ini dikarenakan sisipan tersebut memiliki pangsa pasar yang berbeda. Pikiran Rakyat memiliki 10 suplemen yang diterbitkan secara bergantian. Salah satu contohnya adalah Selisik yang membahas mengenai depth report. Tentunya inovasi yang dilakukan oleh Pikiran Rakyat tidak hanya memberikan suplemen tambahan dalam terbitan hariannya. Pikiran Rakyat juga memiliki saluran siaran radio PR FM di 107.5fm news channel dan juga memiliki halaman website di www.pikiran-rakyat.com yang dapat diakses oleh masyarakat. Halaman website ini terbilang cukup sukses karena menempati urutan ke 50 dalam ranking angka keterbacaan melalui web.

“Kami juga memiliki beberapa anak perusahaan yang menerbitkan Koran Gala Media, Kabar Banten, Kabar Parahyangan dan Kabar Banten.” kata bapak Dicky menjawab pertanyaan tentang perkembangan Harian Umum Pikiran Rakyat saat ini.

Kemudian saat ditanya mengenai prediksi mengenai tahun 2043 sebagai tahun terakhir penerbitan media cetak maka bapak Dicky dengan yakin menjawab bahwa Pikiran Rakyat sudah mengantisipasi hal tersebut dengan E-Paper.

Keberhasilan Harian Umum Pikiran Rakyat selama 46 Tahun merupakan bukti keteguhan para pendiri dan penerusnya melawan perubahan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi. Dibutuhkan inovasi yang segar agar tetap dicintai para pembacanya.ditahun tahun mendatang (ECT)

About oneofmyway

Me..

Posted on May 18, 2013, in Pengantar Jurnalistik, Semester 1 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: