Teori – Teori (2)

IV. Teori komunikasi publik : suatu komunikasi yang dilakukan di depan banyak orang yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, gagasan, ajakan dengan menggunakan orasi atau bantuan media massa

 A.Teori retorika

  1. terfokus pada teknik pembujuk-rayuan secara persuasi
  2. mempertimbangkan logika, etika dan emosi dalam membujuk orang
  3. pembicara yang baik mempertimbangkan target yang akan dibujuk
  4. pembicara yang baik menggunakan bukti dalam presentasi

B.Teori dramatisme

  1. Kehidupan adalah adegan drama
  2. Adegan dalam drama penting untuk memotivasi manusia
  3. Manusia adalah actor  pembuat pilihan
  4. Bahasa itu sebagai symbol bukan pengetahuan
  5. Manusia menggunakan symbol dan symbol merupakan hal yang penting bagi manusia

mengapa dalam dramatisme manusia disebut sebagai actor

karena dalam teori ini dikatakan bahwa kehidupan itu adalah drama. Dalam proses kehidupan kita itu adalah jalan ceritanya. Manusia adalah orang bermain , berjalan dan hidup di dalam cerita drama ini, jadi kita dapat dikatakan actor

C.Paradigma naratif

  1. Manusia adalah pencerita yang hidup dalam narasi.
  2. Manusia berada di dunia yang diisi cerita dan manusia harus memilih dari cerita yang ada
  3. Manusia lebih mudah terbujuk dengan cerita yang bagus daripada argument yang baik
  4. Emosi dan estetika menjadi dasar perilaku manusia

V. Teori tentang media

 A.Teori Agenda Setting

  1. Media menentukan dan menyusun topik yang penting dan  yang tidak
  2. prioritas topik-topik mempengaruhi perhatian audience
  3. penyusunan  pemberitaan media akan memberikan efek pada audience
  4. topik yang mendapat lebih banyak perhatian dari media akan menjadi lebih akrab bagi pembacanya dan akan dianggap penting dalam suatu periode waktu tertentu dan sebaliknya pada topik yang tidak mendapat perhatian

Contoh :

  • agenda kampanye yang ditetapkan media
  • Pentingnya isu yang diangkat oleh partai
  • Penekanan yang diberikan terhadap isu

B. Teori Kultivasi

  1. Teori ini menjelaskan pemahaman tentang dunia dari pesan di TV
  2. TV adalah alat utama penonton belajar tentang dunia,  masyarakat dan kultur lingkungan
  3. TV membentuk persepsi dan  cara berpikir masyarakat tentang dunia
  4. TV itu berbeda dengan media lainnya karena berada hamper di setiap rumah
  5. Pengaruh dari televisi terbatas

C. Teori Kegunaan dan kepuasan

  1. orang mempunyai kesadaran akan media
  2. individu adalah mahluk yang sangat selektif menentukan pilihan media
  3. pilihan terhadap media berada di tangan individu
  4. media bersaing untuk memuaskan kebutuhan audiens
  5. individu menggunakan media untuk berkomunikasi dan memenuhi kebutuhannya

D. Spiral of Silence

  1. Media memiliki efek kuat untuk membentuk opini public
  2. Semakin tersebar opini yang dominan maka opini yang sedikit akan semakin hilang
  3. Perilaku publik dipengaruhi oleh penilaian akan opini public
  4. Masyarakat mengancam individu yang menyimpang dari opini dominan dengan pengucilan.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 18, 2013, in Semester 2, Teori Komunikasi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: