Teknologi Komunikasi

Everett M Rogers menyebutkan bahwa perkembangan teknologi komunikasi melalui empat era, yaitu :

a. era komunikasi tulisan (4000 SM – hingga kini)

b. era komunikasi cetak (1456 – hingga kini )

c. era telekomunikasi (1844 – hingga kini)

d. era komunikasi interaktif (1946 – hingga kini )

1. Era komunikasi tulisan (tahun 4000 SM)

Era komunikasi pada waktu itu berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya

2. Era komunikasi cetak (tahun 1400an)

Pada tahun 1455 mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg. Mesin press ini digunakan untuk mencetak Injil karena pada saat itu belum banyak orang bisa baca, hanya kalangan bangsawan dan rohaniwan gerejawi saja. Akan tetapi lama-kelamaan mesin cetak itu dipakai. Pada tahun 1833, ketika Bunyamin Day meluncurkan surat kabar New York Sun, yang digunakan secara besar-besaran (masal) disambung pada tahun 1839 Daguerre melakukan praktek fotografinya untuk digunakan dalam koran.

 

 

3. Era telekomunikasi (tahun 1800an)

Dimulai dengan ditemukannya sistem telegram yang terus berkembang disusul dengan penemuan lainnya seperti radio dan televisi.

4. Era komunikasi interaktif

Penggunaan komputer, internet, serta seluler satelit yang memungkinkan manusia berkomunikasi dengan lebih mudah dan percakapan antara manusia tidak lagi harus bertatap muka.

Namun bila merujuk pada perkembangan teknologi secara keseluruhan maka perkembangan teknologi komunikasi dapat disusun dalam garis besar sejarah perkembangan teknologi komunikasi yang tersusun secara periodik melalui empat tahap:

I) Perkembangan teknologi komunikasi jaman Pra-sejarah

a.Tahap Memori Aiding Stage ( > 20.000 SM) :Komunikasi hanya diarahkan pada inter kelompok dan belum antar kelompok.

b. Tahap Pictorial Era Periode: Komunikasi tidak lagi inter kelompok, tetapi sudah antar kelompok.

c. Tahap Ideographic Stage : Kalau pada tahap sebelumnya symbol visual digambarkan dalam bentuk binatang, pada tahap ini mereka telah dapat memformulasikan huruf-huruf sebagai lambang visualnya.d. Phonetic Stage: Pada tahap inilah manusia dapat menyusun abjad huruf seperti apa yang kita kenal saat ini.

 

II) Perkembangan Tek. Kom Masa Transisi (1100 – 1750 )

Masa ini adalah masa antara runtuhnya kekeaisaran Romawi hingga ditemukannya mesin uap tahun 1750 (revolusi industri). Pada masa tersebut Eropa dikuasai bangsa Babar sehingga tidak ada catatan tentang perkembangan teknologi komunikasi. Hanya saja di Cina ditemukan bahwa tahun 1190 telah ditemukan tulisan-tulisan dalam bentuk buku. Setelah mengalami kemandegan akibat dijajah maka pada abad ke 14 muncul beberapa pabrik kertas di Eropa yang mengacu pada teknologi yang dimiliki bangsa China.Pada tahun 1440 seorang bangsa Jerman bernama Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak yang menjadi tonggak berlakunya komunikasi menggunakan simbol-simbol tercetak. Tahun 1452 Gutenberg telah menggunakan plat metal untuk sistem mesin cetaknya yang terdiri dari 42 baris.

III) Perkembangan Tek. Kom masa dan pasca revolusi industri (1750 – 1900 )

Sejarah perkembangan teknologi komunikasi didahului dengan ditemukannya mesin uap oleh James watt. Teknologi yang pertama masa ini adalah dengan ditemukannya Mesin telegraf oleh Morse pada tahun 1832.

IV) Perkembangan teknologi komunikasi jaman modern (1940 – sekarang )

Jaman modern merupakan jaman ketika komunikasi sudah mulai menyatukan manusia di berbagai belahan dunia tanpa terhalangi oleh jarak, ruang dan waktu. Era ini mulai muncul ketika tahun 1942 ditemukan komputer mainframe pertama di Philadelphia Amerika Serikat yang disebut sebagai ENIAC ( electronic numerical integrator and calculator ).Munculah kemudian istilah interactive multi media yang menjadikan jaman modern ini sebagai masa komunikasi interaktif.

Daftar Pustaka:

http://edwi.dosen.upnyk.ac.id/PTK.2.05.pdf

http://dipewein.wordpress.com/2008/06/09/sejarah-komunikasi-manusia/

About oneofmyway

Me..

Posted on May 18, 2013, in Pengantar Ilmu Komunikasi, Semester 1 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: