Mengelola Kemampuan Diri

mengelola kemampuan diri Kecakapan Personal dalam hidup / life skill

Semua orang selayaknya harus memahami kecakapan dan kemampuan dirinya sendiri yang terdiri dari kecakapan intra ( intrapersonal skill ), kecakapan inter ( interpersonal skill ), dan kecapakan extra ( extrapersonal skill )

Memang tidak mudah bila semua orang memiliki ketiga kecapakan tsb. Secara optimal. Namun sebagai manusia yang harus hidup layak dan sukses harus mengembangkan diri dalam ketiga aspek kecakapan hidup tsb.

Intrapersonal Skill.

Kemampuan untuk mengelola diri sendiri yang terdiri dari learning skill, mind management, emotional management, attitude and personality, time management, self management & personal branding

Interpersonal Skill.

Kemampuan untuk mengelola rekan, bawaha, orang lain, di sekitarnya yang terdiri dari :leadership & team work, relationship & networking, communication & negotiation

 

kecakapan interpersonal

Extrapersonal Skill

Kemampuan untuk mengelola resource, lingkungan sekitarnya dan mengantisipasi masa depan, yang terdiri dari : asset management, change management, managing future

 

Intrapersonal Skill

Kemampuan belajar / learning skill. Dalam kehidupan ini semua aspek, tangible maupun intangible, baik fisik, sampai kepada kebiasaan bisa punah, namun manusia bisa survive apabila memiliki learning skill dan learning habit. Kemampuan belajar sangat penting bagi manusia bila ingin sukses dan berkembang, minimal tetap eksis dalam kehidupan ini.

Kemampuan belajar dimiliki oleh semua orang, namun dipengaruhi oleh lingkungan dirinya ( rumah, sekolah, teknologi & media, dirinya sendiri ). Semua orang mampu mengembangkan diri melalui kemampuan belajar. Kesadaran diri untuk belajar didorong oleh pandangan dan niat besar dari diri masing-masing yang juga dipengaruhi oleh lingkungan. Sepatutnya semua orang haru mempunyai prinsip untuk terus belajar sepanjang hayat. Kemapuan ini harus terus dipupuk, dan dijalankan sehingga membentuk

kebiasaan ( habit )

long life learning

Intrapersonal Skill

Mind Management. Kemampuan untuk mengelola dan manage cara berpikir dan pemetaan pengetahuan dalam pikiran, dan memberdayakan secara optimal kemampuan berpikir. Hal ini sangat berkaitan dengan kemampuan intelektual ( otak kiri dan otak kanan ). Kendatipun talent / kemampuan otak berbeda-beda, namun seharusnya semua orang harus bisa memetakan dan belajar untuk mengoptimalkan kemampuan diri dalam berpikir dan

mengelola cara berpikir dengan baik.

Emotional Management. Kemampuan untuk mengelola emosi. Kecerdasan emosi sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, ketika berkomunikasi, bekerja, mengambil keputusan dan dalam berbagai aspek kehidupan. Kematangan emosi harus dimiliki seseorang bila ingin berhasil dalam berbagai aspek kehidupan. Pengendalian diri dan manajemen emosi harus dibangun sebaik mungkin agar manusia memiliki kematangan pribadi.

memahami kekuatan dan kelemahan aspek fisik Intrapersonal Skill

Attitude & personality.

Perilaku dan kepribadian sangat menunjang seseorang dalam kehidupan. Banyak penelitian yang sudah memberikan bukti dan fakta bahwa keberhasilan seseorang diperankan oleh perilaku dan kepribadian yang sangat dominan. Sebagai manusia semua orang hendaknya harus terusmenerus memperbaiki dirinya dalam perilaku dan kepribadian.

Time Management.

Kemampuan untuk mengatur waktu dan berkkomitmen terhadap waktu dalam jadwal yang telah disepakati. Sering orang mengabaikan aspek ini dalam kehidupan yang berakibat penilaian jelek terhadap komitmen dan kepribadian orang tsb.

Self Management & Personal Branding

Ujung dari semua aspek yang dijelaskan terdahulu berujung kepada Self Management dan Personal Branding. Kemampuan orang untuk mengatur dirinya sendiri dalam berbagai aspek yang berdampak sebagai branding dari orang itu sendiri. Semua orang layaknya memiliki reputasi dan penilaian baik dari lingkungan dan orang lain.

 Interpersonal Skill

Leadership & Team Work

Kepemimpinan dan kerja-sama merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam hidup ini untuk berkomunikasi, bekerja-sama dan memimpin tim, minimal memimpin dirinya sendiri. Untuk itu semua orang harus meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan kerja-sama timnya sebaik mungkin agar beradaptasi dengan lingkungan.

Relationship and Networking

Kemampuan membina hubungan baik dengan orang lain, dan menjaga hubungan baik dan komitmen dalam pertemanan. Kemampuan ini sangat penting dalam kehidupan, di mana semua orang harus menjalin hubungan baik dengan siapa saja dalam hidup ini. Hubungan baik, pertemanan, dan jaringan dengan orang lain merupakan salah satu modal dalam kehidupan ini, yang disebut Relational Capital atau Sosial Capital

Interpersonal Skill

Communication and Negotiation

Keterampilan untuk berkomunikasi, berbicara dan melakukan negosiasi. Kemampuan ini sangat penting dalam diri masing-masing untuk melakukan kesepakatan dan mencapai tujuan yang ingin dicapai. Keterampilan ini perlu diasah, dikembangkan agar seseorang sangat mudah beradaptasi dan meleburkan diri dalam berbagai kelompok masyarakat. Aspek ini sangat penting bagi semua orang dalam kehidupannya.

Financial Management

Kemampuan dan keterampilan menggunakan dan mengelola uang dalam kehidupan. Dari pengalaman, kegagalan seseorang sering disebabkan oleh penggunaan dan pengelolaan keuangan yang kurang baik. Sifat dan kebiasan irit , tidak boros, merupakan sesuatu kebiasan yang sangat baik, agar dapat menggunakan uang sebaik mungkin. Jangan membiasakan diri untuk mengunakan uang lebih daripada kemampuannya. Hindari kebiasan meminjam. Sering sekali bila sudah terbiasa pinjam akan dililit hutang yang

sulit untuk dibayar.

Extrapersonal Skill

Asset Management

Kemampuan untuk mengelola asset yang terdiri dari sumber daya manusia maupun sumber daya fisik. Kemampuan ini sangat penting dalam menunjang dan menentukan keberhasilan seseorang dalam kehidupannya.

Change Management

Kemampuan untuk mengikuti dan mengatur perubahan yang terjadi akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Seorang yang tangguh harus bisa mengikuti, beradaptasi dan bahkan menjadi agen perubahan.

Future Managing

Kemampuan untuk merancang dan memprediksi masa yang akan datang, yang diwujudkan melalui Visi, misi, SWOT, strategic planning, goals, dan fokus ke masa yang akan datang.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 18, 2013, in Human Character & Behavior 2, Semester 2 and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: