Komunikasi Massa

I) Pengertian dan karakteristik Komunikasi Massa

Definisi paling sederhana dari komunikasi massa diungkapkan oleh Bittner (dalam Rahmat, 2005: 186) ”Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang”. Sedangkan Dominick (1996) mengutarakan bahwa komunikasi massa merupakan sebuah organisasi kompleks yang dengan bantuan dari satu atau lebih mesin membuat dan menyebarkan pesan publik yang ditujukan pada audiens berskala besar serta bersifat heterogen dan tersebar. Meletze (dalam Rakhmat, 1998) sendiri kemudian memberi definisi dari komunikasi massa dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada populasi dari berbagai komunitas yang tersebar. Adapun Rodman (2006) menyebutkan bahwa komunikasi massa terdiri dari pesan-pesan termediasi (mediated messages) yang disiarkan kepada publik yang besar dan tersebar.

Dari beberapa definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa merupakan kegiatan seseorang atau suatu organisasi yang memproduksi serangkaian pesan dengan bantuan mesin untuk disebarkan kepada khalayak banyak yang bersifat anonim, heterogen dan tersebar.

2. Karakteristik Komunikasi Massa

Serupa dengan definisi komunikasi massa, karakteristik tentang komunikasi massa pun memiliki banyak versi dari para ahli komunikasi. Elizabeth Noelle Neuman (dalam Rakhmat, 1983 : 92 ) menyebutkan empat tanda pokok dalam komunikasi massa yaitu :

1. komunikasi massa bersifat tidak langsung

2. komunikasi massa bersifat satu arah

3. komunikasi massa bersifat terbuka.

4. memiliki publik yang secara geografis tersebar.

 

Dari uraian-uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik komunikasi massa adalah sebagai berikut :

1. Sumber atau komunikator dari komunikasi massa merupakan sebuah organisasi terlembaga yang menentukan pesan apa saja yang akan disebarkan.

2. Pesan bersifat terbuka karena semua orang mendapat isi pesan yang sama, mahal karena melibatkan beberapa tahapan encoding dan decoding serta diperlukannya teknologi untuk memproduksi dan menyebarkan pesan, serta dapat dipotong dengan gampang.

3. Komunikan tidak memiliki identitas (anonim), banyak, tersebar dan heterogen sehingga terpaan pesan dapat diapresiasi berbeda oleh masing-masing individu.

4.Proses umpan balik berjalan lambat dan sulit mendapatkan respons dari komunikator

II) Proses dan Karakteristik pesan

Merancang pesan adalah merupakan suatu proses yang terpisah dengan peristiwa penyampaian pesan tersebut. Namun hubungannya tetap yaitu rancangan pesan dan pelaksanaan penyampaian pesan merupakan suatu kegaiatan utuh dalam proses komunikasi pembelajaran. Dengan kata lain rancangan pesan adalah merupakan bagian dalam proses komunikasi.

III) Unsur-Unsur Komunikasi Massa

1)      Komunikator

2)      Media Massa

3)      Informasi Massa

4)      Gatekeeper

5)      Khalayak

6)      Umpan Balik

 

IV) Fungsi Komunikasi Massa

1)      Fungsi pengawasan

2)      Fungsi social learning

3)      Fungsi penyampaian informasi

4)      Fungsi transformasi budaya

5)      Hiburan

6)      Meyakinkan

7)      Menciptakan rasa kebersatuan

V) Dampak komunikasi massa

-)Efek kognitif adalah akibat yang timbul pada diri komunikan yang sifatnya informative bagi dirinya.

-)Efek Afektif ini kadarnya lebih tinggi daripada Efek Kognitif. Tujuan dari komunikasi massa bukan hanya sekedar memberitahu kepada khalayak agar menjadi tahu tentang sesuatu, tetapi lebih dari itu, setelah mengetahui informasi yang diterimanya, khalayak diharapkan dapat merasakannya

-) Efek behavioral merupakan akibat yang timbul pada diri khalayak dalam bentuk perilaku, tindakan atau kegiatan.

Daftar Pustaka:

http://meopinion.wordpress.com/2010/09/27/komunikasi-massa-pengertian-dan-karakteristiknya/

http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/pesan-dan-lambang-dalam-desain-pesan

http://dhieyaaa.blogspot.com/2008/01/fungsi-dan-unsur-unsur-dalam-komunikasi.html

http://kommabogor.wordpress.com/2007/12/31/efek-komunikasi-massa-kognitif-afektif-behavioral/

About oneofmyway

Me..

Posted on May 18, 2013, in Pengantar Ilmu Komunikasi, Semester 1 and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: