Kecakapan

Kecakapan (Intra, Inter, dan Ekstrapersonal Skill)

Ketrampilan sosial (social skill) adalah kemampuan untuk menangani emosi dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan dengan cermat membaca situasi dan jaringan sosial; berinteraksi dengan lancar; dan menggunakan ketrampilan-ketrampilan ini untuk mempengaruhi dan memimpin, bermusyawarah dan menyelesaikan perselisihan, serta untuk bekerjasama dan bekerja dalam tim.

Semua orang selayaknya harus memiliki kecakapan yang terdiri dari 3 yaitu kecakapan intrapersonal, kecakapan interpersonal dan kecakapan extrapersonal.

Memang tidak mudah bila semua orang memiliki kemampuan tersebut, namun sebagai manusia yang harus hidup layak dan sukses, maka manusia harus mengembangkan diri dalam ketiga aspek kecakapan hidup tersebut.

Ketiga kecakapan yang dimiliki semua orang itu dapat dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain lingkungan rumah/keluarga, lingkungan kampus/sekolah, lingkungan masyarakat etnis/budaya, dan dapat juga dipengaruhi oleh bangsa dan Negara.

 Kecakapan Intrapersonal dipengaruhi lingkungan rumah/keluarga.

 Kecakapan intrapersonal merupakan kemampuan yang dimiliki oleh sesorang untuk belajar / Learning skill. Dalam kehidupan ini semua aspek kehidupan dapat punah, namun manusia bias bertahan apabila memiliki learning skill dan learning habit. Kemampuan belajar sangat penting bagi manusi bila ingin sukses dan berkembang. Minimal tetap eksis dalam kehidupan ini.

Kemampuan seseorang untuk belajar (mengembangkan diri) dimiliki oleh semua orang namun dipengaruhi oleh lingkungan dirinya seperti rumah, sekolah, teknologi media dan jug dirinya sendiri.

Semua orang mampu mengembangkan diri melalui kemapuan belajar namun kesadaran untuk belajar didorong oleh pandangan dan niat besar dari diri masing masing yang juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Semua ini tentu tumbuh dari lingkungan keluarga yang menanamkan kemampuan ini sejak masa awal interaksi sosial. Lingkungan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak mengembangkan potensi kecakapan  yang dimilikinya tersebut. Perkembangan kecakapan seorang anak dimulai sejak usia dini. Jauh di bawah usia sekolah. Orangtua bersama para pendidik dan lingkungan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak mengembangkan kecakapan intrapersonal seorang anak.

Dalam hal ini kecakapan intrapersonal menjadi fondasi dari kecakapan interpersonal.

Kecakapan Interpersonal dipengaruhi lingkungan rumah/keluarga

Kecakapan interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk mengenali/mengelola emosi orang lain dan kemampuan memotivasi orang lain yang meliputi: kepemimpinan dan kerja tim,hubungan manusia+ manfaat jaringan kerja dan komunikasi + negosiasi.

Kemampuan untuk mengenali / mengelola emosi orang lain dapat juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Hal ini terlihat dari lingkungan keluarga sebagai awal seseorang mempelajari dan mengenali karakter seseorang yang pada akhirnya akan dijadikan pelajaran untuk mengenali seseorang dari lingkungan luar.

Kemampuan Leadership & Team Work, merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam hidup ini untuk berkomunikasi, bekerja-sama dan memimpin tim, minimal memimpin dirinya sendiri. Untuk itu semua orang harus meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan kerja-sama timnya sebaik mungkin agar beradaptasi dengan lingkungan.

Kecakapan Extrapersonal dipengaruhi oleh lingkungan rumah / keluarga

 Extrapersonal Skill, merupakan kecakapa. n seseorang untuk mengenali/mengelola sumber daya dan lingkungan diri guna mencapai tujuan( bersama ) yang mencakup manajemen perobahan, manajemen masa depan dan manajemen aset.

Asset Management

Kemampuan untuk mengelola asset yang terdiri dari sumber daya manusia maupun sumber daya fisik. Kemampuan ini sangat penting dalam menunjang dan menentukan keberhasilan seseorang dalam kehidupannya.

Change Management

Kemampuan untuk mengikuti dan mengatur perubahan yang terjadi akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Seorang yang tangguh harus bisa mengikuti, beradaptasi dan bahkan menjadi agen perubahan.

Future Managing

Kemampuan untuk merancang dan memprediksi masa yang akan datang, yang diwujudkan melalui Visi, misi, SWOT, strategic planning, goals, dan fokus ke masa yang akan datang.

Kecakapan seseorang untuk mengenali / mengelola sumber daya dan lingkungan diri guna mencapai tujuan bersama juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar seorang individu tentu akan mempengaruhi dirinya. Kemapuan memprediksi masa yang akan dating juga akan terlihat saat ia mengamati lingkungan sekitarnya.

About oneofmyway

Me..

Posted on May 18, 2013, in Human Character & Behavior 2, Semester 2 and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: