Pendapat Umum

Pendapat Umum [Hafied Cangara ]

Gabungan pendapat perseorangan mengenai suatu isu yang dapat mempengaruhi orang lain, serta memungkinkan seseorang mempengaruhi pendapat tersebut. Ini berarti pendapat umum hanya bisa terbentuk kalau menjadi pembicaraan umum, atau jika banyak orang penting (elit) mengemukakan pendapat mereka tentang isu sehingga bisa menimbulkan pro kontra dikalangan anggota masyarakat.

untuk membentuk pendapat umum ada tiga unsur yang harus diperhatikan, yaitu;

  1.  Harus ada isu yang aktual (peristiwa atau kata-kata), penting dan menyangkut kepentingan pribadi kebanyakan orang dalam masyarakat atau kepentingan umum yang disiarkan melalui media massa.
  2. Harus ada sejumlah orang yang membicarakan serta mendiskusikan isu tersebut, yang kemudian menghasilkan kata sepakat mengenai sikap, pendapat dan pandangan mereka.
  3. Pendapat mereka harus diekspresikan atau dinyatakan dalam bentuk lisan, tertulis dan gerak-gerik.

Dalam hal ini, media massa sebagai saluran komunikasi politik memiliki peranan yang cukup signifikan untuk membentuk pendapat umum di tengah-tengah masyarakat sehingga banyak politisi yang memanfaatkan media massa untuk membentuk, membina serta mempertahankan pendapat umum (opini public). Kehadiran media massa pada masyarakat yang berkembang termasuk Indonesia mempunyai arti yang sangat penting, dan diyakini sebagai salah satu pilar demokrasi. Media massa telah menjadikan jarak psikologis dan jarak geografis semakin kecil dan sempit, dan kejadian diberbagai tempat diketahui secara cepat dengan adanya media massa, seperti radio, televisi, surat kabar dan sebagainya.

Syarat terbentuknya pendapat umum:

  1. Timbul kerisauan di kalangan anggota masyarakat mengenai suatu masalah
  2. Timbulnya gagasan penyelesaian yang menaruh perhatian pada masalah tersebut
  3. Munculnya kelompok baru dengan mengajukan pendapat yang bertentangan lewat lembaga formal
  4. Kelompok penentang mulai menyatu dan mencari dukungan dari luar
  5. Melalui pembicaraan dan perdebatan controversial
  6. Pihak yang berwenang mengambil tindakan dan membuat keputusan yang pantas

 

 

 

 

hal-hal apa saja yang tercantum di definisi pendapat umum dari Hafied Cangara yang terdapat pada statement di atas!

Banyak pendapat umum mengenai profil kandidat yang muncul pada saat pilkada DKI Jakarta. Hal ini disebabkan karena banyaknya para kandidat yang bukan penduduk DKI Jakarta, sedangkan beberapa pihak mencetuskan pendapat bahwa pemimpin DKI Jakarta haruslah orang Jakarta. Namun masyarakat penduduk Jakarta berkata lain, mereka tidak peduli dengan pendapat oknum tertentu namun mengutarakan pendapatnya sendiri mengenai calon pemimpin yang layak untuk melakukan perubahan terhadap Jakarta. Pro dan kontra yang ada di masyarakat terbukti tidak mempengaruhi jalannya pilkada DKI Jakarta dan dimenangkan oleh Jokowi-Ahok.

Sebelumnya, kampanye bernada SARA hampir terjadi di setiap wilayah Jakarta. Ajakan untuk memilih pemimpin yang seiman pun dilontarkan para pemuka agama di tempat ibadah. Namun warga Jakarta tidak bisa dibodohi dengan isu SARA. Mereka pun bisa membedakan mana yang benar dan salah.

About these ads

About oneofmyway

Me..

Posted on May 19, 2013, in Komunikasi Politik, Semester 4 and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: